Selasa, Juni 24, 2008

Pengertian Lingkungan Hidup



Oleh: Achmad Robith
Pemimpin Redaksi Suara Indonesia News


Hamparan laut biru yang luas, dataran, bukit-bukit, pegunungan, langit yang biru yang disinari matahari, semuanya merupakan lingkungan alam. Manusia juga merupakan bagian dari alam tersebut. Lingkungan alam merupakan salah satu bagian dari lingkungan hidup. Lingkungan hidup mencakup lingkungan alam yang meliputi lingkungan fisik, biologi, dan budaya. Karena itu, pengertian lingkungan hidup lebih luas dari pengertian lingkungan alam.
Interaksi yang bersifat negatif terjadi apabila proses interaksi lingkungan yang harmonis terganggu sehingga berjalan saling merugikan. Contohnya, manusia menebang hutan secara berlebihan dan sembarangan untuk dijadikan lahan pertanian, permukiman, perindustrian, pertambangan, dan sebagainya. Hutan yang selama ini merupakan resapan air menjadi hilang. Akibatnya, ketika musim hujan tiba lahan-lahan pertanian, permukiman, dan sebagainya dilanda banjir akan menimbulkan banyak korban jiwa dan harta. Selain itu, sumber-sumber air pada musim kemarau menjadi sulit. Kebutuhan-kebutuhan hasil hutan menjadi sukar didapat, hewan menjadi punah dan berbagai akibat lainnya yang merugikan manusia itu sendiri.
Adanya gangguan terhadap satu komponen di dalam lingkungan hidup, akan membawa pengaruh yang negatif bagi komponen-komponen lainnya karena keseimbangan terhadap komponen-komponen tersebut tidak harmonis lagi, maka dari itu kita sebagai Manusia sudah sepatutnya untuk menjaga Lingkungan kita dari ulah-ulah Manusia demi keuntungan pribadi sehingga anak cucu kita tidak bias menikmati

Tidak ada komentar: